Bebas Buang Air Besar ,13 Desa Wilayah Kecamatan Cilimus ,Deklarasi ODF

Rie
0


sabaranews.com. Dalam rangka mewujudkan cita-cita pemerintah yaitu Universal Health Coverage atau cakupan kesehatan semesta, 13 Desa Kecamatan cilimus mendeklarasikan Desa (ODF) Open Defecation Free bersama masyarakat yang juga disaksikan langsung oleh PJ Sekda kabupaten Kuningan Kamis (27/09/2024).



Sementara itu PJ Sekda Dr H Asep Taufik Rohman, MSi., MPd merasa bersyukur telah banyak desa-desa di Kabupaten Kuningan yang telah deklarasi ODF khususnya di 13 Desa wilayah kecamatan Cilimus hal ini menunjukan komitmen kita semua dan kepada desa-desa untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat dan tidak membuang air besar sembarangan.




Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Ke 13 Desa tersebut adalah Desa Cilimus, Desa Sampora, Desa Caracas, Desa Bojong,Desa kaliaren, Desa Ciberem,Desa Setianegara ,Desa Linggajati ,Desa Linggasana, Desa Bandorasa Wetan, Desa Bandorasa Kulon Dan Desa Linggaindah acara di gelar di Gedung Sacawana Desa Cilimus 


Deklarasi ODF tersebut dihadiri oleh PJ Sekda Kabupaten Kuningan Dr H Asep Taufik Rohman, MSi., MPd, Kepala dinas kesehatan kab Kuningan serta Kabid, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Cilimus yang terdiri dari Camat, Babinkamtibmas dan Babinsa, Pol PP, kepala Puskes, Cilimus, Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK, kepala pertanian , ketua BPD SE kec Cilimus, Kepala Desa se kecamatan Cilimus,LPM,Karang taruna,tokoh agama dan tokoh masyarkat.




Kepala desa Cilimus H.Mulyadin menyampaikan, kegiatan hari ini adalah Deklarasi ODF, jadi 13 Desa se kecamatan cilimus sekarang terbebas dari buang air besar sembarangan, Selanjut nya saya berharap kepada masyarakat mari kita stop buang air besar sembarangan, Karena itu sangat mengganggu kesehatan untuk kita semua , Ujar nya


Lalu saya berterima kasih kepada pihak Santika,karena sudah memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya di 3 desa wilayah kecamatan cilimus yaitu berupa bantuan untuk Stunting,Pungkas nya.


Camat cilimus Cece juga menyampiak ucap rasa terima kasih kepada rekan rekan kepala desa ,yang sudah mendeklarasikan diri sebagai desa bebas buang air besar atau ODF, Mudah mudahan ini tetap berkelanjutan, juga saya ucapkan banyal terima kasih kepada seluruh stecholder yang mensupport kegiatan hari ini,Pungkas Cece.( RI )

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)