Kepolisian Resor Sumedang Meningkatkan Pam Swakarsa melalui Apel Satkamling

FAST RESPON TNI - POLRI

SUMEDANG, SabaraNews – Pada hari Rabu, tanggal 21 Juni 2023, Kepolisian Resor Sumedang Polda Jabar melaksanakan apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di lapangan apel Mapolres Sumedang Selatan. Tujuan dari apel ini adalah untuk meningkatkan pam swakarsa guna menjamin keamanan yang kondusif di wilayah tersebut.

Apel ini dihadiri oleh Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan, Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir, Danmin 0610 Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti, pejabat utama Polres Sumedang, serta peserta apel Satkamling yang terdiri dari masyarakat dan perwakilan ormas se-Kabupaten Sumedang.

Dalam membacakan amanat Kapolri, Bupati Sumedang menyampaikan pentingnya apel tersebut sebagai upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Satkamling guna menciptakan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat Sumedang.

“Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan,” ujar Donny.

Bupati Sumedang juga berharap kegiatan Satkamling dapat berfungsi sebagai early warning terhadap tindak kejahatan yang terjadi di masyarakat. Selain itu, keberadaan Satkamling diharapkan dapat mendorong partisipasi mandiri masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Satkamling, singkatan dari Satuan Keamanan Lingkungan, adalah sebuah inisiatif yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungan sekitarnya.
Melalui Satkamling, masyarakat diberdayakan untuk mengamati, melaporkan, dan mencegah potensi tindak kejahatan di wilayah mereka.

Dengan adanya apel Satkamling ini, diharapkan para peserta dapat lebih memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam menjaga keamanan lingkungan.

Dalam hal ini, Polri sebagai institusi kepolisian mendukung sepenuhnya partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk hidup bersama.

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan juga menyampaikan apresiasinya terhadap partisipasi masyarakat dalam program Satkamling. Ia mengimbau agar partisipasi ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi budaya yang melekat dalam masyarakat Sumedang.

“Dengan kerjasama yang baik antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta sinergi yang kuat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sumedang. Pam swakarsa yang ditingkatkan melalui Satkamling akan menjadi salah satu pilar utama dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua warga”. Tambah Indra

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Satkamling yang berprestasi, diantaranya satkamling teraktif ada yg membantu menangkap pelaku curanmor serta satkamling yang membantu memberikan informasi tenantang curanmor.

(Bid Humas Polres Sumedang)

Share to :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *