Sat Brimob Polda Jabar Berikan Bantuan Kepada Warga Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

FAST RESPON TNI - POLRI

CIAMIS, SabaraNews – Tim SAR Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Jabar dipimpin Bripka Aditya Santika mendampingi Tim Kesehatan dari Dinkes, BPBD Kabupaten Ciamis dan STIKES Muhammadiyah melaksanakan sosialisasi pelayanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana banjir akibat meluapnya air Sungai Citanduy pasca hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis pada Senin.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya banjir tersebut melanda tiga dusun di Desa Sidarahayu Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis, yaitu; Dusun Pasungsari, Dusun Manganti dan Dusun Talang Banteng. Selain merendam 77 rumah warga, banjir juga menggenangi ratusan hektar lahan pertanian.

Dinkes Kabupaten Ciamis melalui Tim Kesehatan yang dibentuk secara khusus dibantu personel Tim SAR Yon D Pelopor Dpp. Bripka Aditya Santika atas Perintah PLH. Danyon D Pelopor Kompol. Dedi Gunadi, agar membantu melakukan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pengukuran tekanan darah, pemberian obat dan perawatan korban banjir yang menderita sakit.

Ka Puskesmas Bpk. Wastum selaku Ketua Tim menyampaikan bahwa gangguan kesehatan yang diderita warga disebabkan faktor lingkungan, air bersih dan konsumsi makanan.

“Berdasarkan pemeriksaan tim kesehatan kami, sebagian warga mengalami gangguan kesehatan seperti gatal-gatal, sakit kepala, batuk, flu, diare serta beberapa warga tekanan darahnya tinggi,” ucapnya.

Tim Kesehatan juga telah berkoordinasi dengan pihak tokoh masyarakat setempat untuk mengimbau kepada warga terdampak banjir ini agar selalu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pada fasilitas kesehatan yang telah tersedia.

Selain membantu dalam pelayanan kesehatan, pihak Tim SAR Yon D Pelopor Satbrimob Polda Jabar Dpp. Bripka Aditya Santika juga menyerahkan bantuan beras, mie bungkus dan air mineral kepada warga yang terdampak banjir.

(Bidhumas Polda Jabar – Red)

Share to :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *