Polsek Cisitu Hadiri Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu Tingkat Panwascam Cisitu

Tak Berkategori

Sumedang, Media Patriot – Kapolsek Cisitu diwakili Kanit Intelkam Polsek Cisitu Aiptu Adang menghadiri acara pembinaan aparatur pengawas pemilu yang diselenggarakan oleh Panwascam Kecamatan Cisitu. Sabtu (20/05/2023).

Acara tersebut digelar di Aula Kantor Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kapolsek Cisitu IPTU Agus Nurjaman, S.H. melalui Aiptu Adang mengatakan, kehadirannya dalam acara tersebut sebagai bentuk sinergitas dan soliditas Polri dalam mendukung serta menyukseskan setiap tahapan Pemilu 2024.

Selain itu juga dalam rangka cipta kondisi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polsek Cisitu Polres Sumedang Polda Jabar.

“Polri akan selalu mendukung dan bersinergi menyukseskan Pemilu 2024 mendatang agar aman, dan damai,” kata Aiptu Adang.

Tak hanya itu, Kapolsek Cisitu Polres di tempat yang lain menuturkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan para penyelenggara Pemilu 2024 guna mengantisipasi dan mencegah timbulnya gangguan kamtibmas selama tahapan hingga pelantikan pemenang Pemilu di 2024 mendatang.

“Polri bersama TNI dan Instansi terkait lainnya khususnya di wilayah hukum Polsek Cisitu Polres Sumedang Polda Jabar siap menyukseskan Pemilu 2024 mendatang dengan aman, damai dan kondusif,” ucap IPTU Agus Nurjaman, S.H.

Acara ini bertujuan agar Panwaslu harus mengambil peran-peran strategis dalam pelaksanaan Pemilu di Indonesia. Kewenangan Panwaslu yang sedemikian banyak menunjukkan bahwa Panwaslu penting kedudukannya dalam sistem demokrasi Indonesia.

Selain dalam kewenangan pengawasan, penegakan hukum terhadap berbagai pelanggaran dan tindak pidana, Panwaslu juga dapat berperan mendorong masyarakat berpartisipasi aktif dalam Pemilu, supaya dapat terselenggara Pemilu berintegritas yang bebas dari politik uang dan politik identitas.

Karenanya, penting bagi Panwaslu untuk menjaga profesionalitas dan integritasnya. Selain itu, harus terus dilakukan upaya pendalaman materi-materi hukum di antara para pengawas, supaya dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Share to :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *