Polres Kuningan Gelar Apel Siaga Antisipasi Pasca Bentrok Ormas LMPI dengan Warga Ancaran

FAST RESPON TNI - POLRI

KUNINGAN, SabaraNews – Polres Kuningan menggelar Apel Siaga Antisipasi Pasca Kejadian Bentrok Ormas LMPI dengan Warga Ancaran. Apel tersebut dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB di Halaman Apel Mako Polres Kuningan, Kamis (25/05/2023).

Dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya bentrokan susulan dan memastikan keamanan serta ketertiban masyarakat pasca kejadian perselisihan antara Ormas LMPI dengan warga Desa Ancaran, Sebanyak 45 personel Brimob Den C Cirebon dan personel dari Satuan Samapta Polres Kuningan turut dilibatkan dalam apel tersebut.

Apel siaga dipimpin oleh Kabag Ops Polres Kuningan, KOMPOL Endang Kusnadar, S.H., M.H., yang didampingi oleh Kasi Propam Polres Kuningan, IPTU Asep Saeful Rakhman. Dalam arahannya, KOMPOL Endang Kusnadar menekankan pentingnya menjaga situasi yang kondusif dan mencegah terjadinya bentrokan kembali antara Ormas LMPI dan warga Ancaran.

“Kami menggelar apel siaga ini sebagai langkah antisipasi untuk mencegah kemungkinan terjadinya bentrokan susulan. Seluruh personel diharapkan dapat menjalankan tugas dengan profesionalisme dan mengutamakan keamanan serta ketertiban masyarakat,” ungkap KOMPOL Endang Kusnadar.

Dalam apel tersebut, seluruh personel diberikan instruksi dan tindakan-tindakan yang harus diambil dalam situasi yang mungkin memanas. Mereka juga diberikan pemahaman tentang hak asasi manusia, prinsip-prinsip penanganan massa, serta tata cara pelaksanaan tugas dengan menjunjung tinggi etika dan profesionalisme.

Kapolres Kuningan, AKBP Willy Andrian, S.H., S.I.K., menyampaikan dukungan penuh kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pasca bentrok. Ia mengimbau agar penanganan kasus perselisihan dilakukan dengan seadil-adilnya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Diharapkan dengan adanya apel siaga ini, situasi di Desa Ancaran dan sekitarnya dapat kembali kondusif dan kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan aman dan tertib. Polres Kuningan akan terus melakukan langkah-langkah preventif dan penegakan hukum yang tegas untuk menjaga keamanan dan ketertiban wilayah tersebut.

Polres Kuningan berharap masyarakat dapat turut serta dalam menciptakan suasana yang harmonis dan menjauhi segala tindakan yang bisa memicu perselisihan. Semua pihak diharapkan untuk menahan diri, menjunjung tinggi dialog dan penyelesaian masalah secara damai demi kebaikan bersama.

(Tim FRN)

Share to :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *