Kemeriahan Hardiknas Kabupaten Purbalingga Jateng

Tak Berkategori


PURBALINGGA, SabaraNews
– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 dengan tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. Upacara Hardiknas ini dimeriahkan oleh 600 Insan Pendidikan dari Kecamatan Kertanegara yang berkesempatan mementaskan Gelar Budaya “Gumregah” yang merupakan perpaduan seni suara, seni tari, dan seni musik secara kolosal. Selasa Pagi. Purbalingga. 2/5/2023.

Kadindisbud, Tri Gunawan Setyadi, S. H., M. H., menuturkan, dalam rangka untuk kita mengimplementasikan daripada program Merdeka Belajar, untuk semua tenaga Pendidik maupun Kependidikan kami berkeinginan bahwa Merdeka Belajar itu betul-betul bisa diterapkan, sehingga mereka mampu mengeksplorasikan segala kemampuan, segala daya upaya yang dimiliki sehingga belajar itu tidak harus kelihatan normatif sekali.

“Ketika mereka diberikan kebebasan dengan media dan tempat pembelajaran yang betul-betul menyenangkan bagi anak-anak kita sebagaimana filsafah Ki Hadjar Dewantara”. Imbuhnya.

Belajar Pendidikan itu adalah taman yang menyenangkan, tidak ada taman itu tidak menyenangkan, di momentum Hardiknas tahun 2023 dengan tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar betul-betul Merdeka dalam pembelajarannya. Tambahnya.

Dengan adanya Hardiknas tahun 2023 ini, setelah kita sekitar kurang lebih dua tahun terakhir ini, kita tidak bisa mengekpresikan kemampuan teman-teman, harapan kami betul-betul teman-teman dapat menanamkan Merdeka Belajar kepada anak-anak kita sehingga pikiran, ide, dan gagasan pada anak itu betul-betul bisa dieksplor, sehingga kemampuan anak-anak kita yang sebetulnya cerdas itu betul-betul bisa diimplementasikan dalam kehidupan nyata untuk menyongsong Profil Pelajar Pancasila. Tutupnya. 

Gelar Budaya “Gumregah” ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dijiwai spirit kurikulum merdeka dan lebih dikenal dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Acara ini diselenggarakan di Alun-alun Purbalingga dan dihadiri oleh Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), Sekretaris Daerah (Sekda), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindisbud), Pimpinan Perguruan Tinggi, Seluruh Kepala Sekolah Jenjang Pendidikan, Pengawas dan Pendidik, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP), K3 Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) Sekolah Dasar (SD), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi), Siswa-siswi se-Kabupaten Purbalingga.

(Sigit Purnomo)

Share to :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *