Kades dan Warga Wanajaya Bangga TMMD ke-116 Sebagai Wujud Pengabdian TNI Kepada Masyarakat

FAST RESPON TNI - POLRI

SUMEDANG, SabaraNews – Kepala Desa Wanajaya, Kecamatan Surian, Erwan Riswanto, S.E, merasa bangga atas adanya program TMMD Kodim 0610/ Sumedang ke-116 TA 2023, yang tahun ini berada di wilayahnya.

Kebanggaan tersebut, dirasakannya pada saat ini warga sedang membutuhkan infrastruktur jalan, diikuti dengan kesadaran dan ketulusan warga Wanajaya untuk berbaur dalam pelaksanaan TMMD. Mereka pun ikhlas bekerja bakti untuk pelaksanaan kegiatan TMMD.

Dari keterangan Erwan Riswanto, mengatakan pembangunan-pembangunan yang dikerjakan sangat bermanfaat, terutama infrastruktur jalan usaha tani bagi warga untuk memperlancar mobilisasi angkutan barang/orang dan hasil pertanian.

“Salah satu contohnya, pembangunan pengecoran jalan sepanjang 1069 meter, penghubung akses dua desa dua kecamatan, yakni desa Wanajaya (Surian) dan desa Kamal (Tanjungmedar),” ungkapnya.

Untuk itu, sambungnya, pihaknya memobilisasi, menerjunkan warga di dua dusun, yakni Wanajaya dan Bobos. Terhitung sejak pra TMMD hingga saat ini, secara bergantian setiap harinya turut serta membantu Satgas TMMD, agar target pembangunan selesai sesuai perencanaan.

“Memang pengerjaannya terkendala kontur tanah porang, dimana ketika hujan turun menyebabkan sulitnya akses angkutan bahan (melansir) material ke titik lokasi pengecoran jalan tersebut. Bahkan, untuk akselerasi mobil armada pengangkut material, yang semula dua unit sekarang ditambah menjadi tiga unit, ujarnya.

Akan tetapi, kata dia, dengan bergotong royong bersama unsur TNI dari tiga Batalyon, menjadikan warga tetap bersemangat dalam bekerja bhakti, terkadang harus lembur hingga malam hari secara bergiliran.

Sehingga, tambah dia, atas nama warga Wanajaya, Surian, mengucapkan banyak terima kepada Pemkab Sumedang, Kodim 0610/ Sumedang dan stakeholder terkait, atas terselenggaranya program TMMD kali ini.

“Mudah-mudahan pembangunan jalan yang akan diberi nama jalan Bujil (nama pemberian leluhur) segera terlealisasi, hingga masyarakat puas dapat menikmatinya, guna mempermudah, memperlancar arus angkutan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya warga Surian – Tanjungmedar, umumnya semua pengguna jalan tersebut,” pungkasnya.

(Edy MS).

Share to :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *