Bhabinkamtibmas Polsek Sumedang Utara Bantu Warga Evakuasi Tiang Telepon Yang Terbawa Pergeseran Tanah

TNI - POLRI


SUMEDANG, SabaraNews –
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sumedang pada hari Rabu tanggal 03 Mei 2023 kemarin, menyebabkan terjadinya pergeseran tanah sebuah tebing dengan Lebar 6 meter  Tinggi 2 meter yang mengakibatkan 3 Tiang Telkom yang terbawa pergeseran tanah menjadi Kemiringan 45° Lokasi Longsor tersebut 100 meter dari Pemakaman Cina Desa Jatimulya Kec. Sumedang Utara, Sumedang. Kamis (04/05/2023).

Bhabinkamtibmas Polsek Sumedang Utara Polres Sumedang Polda Jabar Beigadir Riri menerangkan kronologis kejadian yang mana dikarenakan curah hujan tinggi dan terus menerus mulai Pukul 15.30 WIB, sehingga mengakibatkan tanah  tebing beserta 3 Tiang   Indosat,  Biznet, Pos Media Ikut terbawa pergeseran tanah dan tertahan oleh kabel listrik dengan kemiringan 45 derajat. 

Guna penanggulangan bencana agar tidak mengganggu arus lalu lintas Bhabinkamtibmas Berkoordinasi dengan Kepala Desa, Kasi Trantib, BPBD dan warga masyarakat sekitar guna antisipasi agar tiang tersebut tidak tumbang kejalan raya BPBD menarik 3 Tiang tersebut dan diikatkan Sementara ke Pohon yang ada di sebelah atas Tiang tersebut menggunakan tambang plastik. Bhabinkamtibmas bersama Aparataur desa melaksanakan gatur di jalan raya guna mencegah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Beberapa masyarakat yang terkena dampak pergerakan tanah meminta agar Pemilik tanah yg mengalami pergeseran /rawan longsor dapat membenteng wilayah tersebut agar tidak menyebabkan longsor seperti 7 tahun silam, selain itu memasang lampu sorot guna memonitor pergerakan tanah setinggi 10 meter karena tingginya curah hujan yg terus menerus.

(Bidhumas Polres Sumedang – Red)

Share to :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *